Efek Godzila

Pada tutorial photoshop kali ini saya akan membahas tentang cara membuat efek tulisan yang mirip dengan tulisan pada film Godzilla. Tulisan ini mempunyai background berwarna kuning kehijauan yang menyala. Lihat gambar,
hasil
Berikut ini cara pembuatan efek tersebut.

Langkah 1

Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Ukuran file disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pada contoh tutorial ini, kugunakan sebuah file berukuran 640x 480 pixel; 300 dpi.

Langkah 2
Buatlah agar file baru ini berwarna hitam. Caranya dengan menekan huruf D pada keyboard, kemudian menekan Alt + Backspace. Atau dengan memilih menu Edit > Fill, pilih warna Black untuk diterapkan.

Langkah 3
Pilih Type tool pada toolbox Photoshop, kemudian ketiklah tulisan yang akan diberi efek pada file yang hitam tadi. Pada gambar contoh tutorial dibawah ini, kubuat jenis hurufnya Arial Black dengan warna putih.

Langkah 4
Pastikan layer tulisan dalam kondisi aktif, berikan efek Emboss pada tulisan ini. caranya dengan memilih Menu Filter > Stylize > Emboss. Saat muncul kotak dialog peringatan, klik OK untuk mengkonfirmasikan perintah rasterize. Aturlah nilai pengaturannya seperti gambar dibawah ini (bukan nilai mutlak, bisa Anda rubah sendiri sesuai selera).

Langkah 5
Pilihlah menu Image > Adjustment > Color Balance. Buatlah agar tulisan tersebut menjadi
agak kehijauan.

Langkah 6
Munculkan seleksi pada layer tulisan. Cara yang termudah untuk memunculkan seleksinya adalah dengan melakukan Ctrl + klik pada tumbnail layernya.

Langkah 7
Lebarkan area seleksi. Lakukan ini dengan cara memilih menu Select > Modify > Expand. Isikan nilai secukupnya. Pada gambar ilustrasi tutorial dibawah ini kuberi angka 10.

Akan didapatkan hasil seleksinya seperti dibawah ini.

Langkah 8
Isikan warna putih pada layer background pada area yang berada dalam seleksi. Pastikan layer background dalam kondisi aktif dulu. Kemudian tekan D lalu ctrl+backspace.

Setelah muncul warna putih pada area seleksi tersebut, hilangkan seleksinya. Caranya dengan memilih menu Select > Deselect. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Langkah 9
Berikan efek kabur pada layer background. Cara untuk memberikan efek ini adalah dengan memilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Aturlah nilai radiusnya hingga didapat gambar seperti dibawah ini (bisa berubah-ubah, sesuai dengan ukuran tulisan anda).

Langkah 10
Sekarang buatlah agar warna background-nya tadi berwarna kuning kehijauan. Caranya dengan memilih menu Image > Adjustment > Color Balance. Geserlah slider pengaturannya kearah Green dan Yellow. Lakukan ini pada setiap range warna Shadow, Midtone, dan Highlight. Nilai pengaturannya terserah keinginan Anda.

Langkah 11
Buatlah agar background menjadi agak berlekuk. Caranya dengan memilih menu Filter > Distort > Wave. Buatlah pengaturannya seperti gambar dibawah ini. Untuk mencari secara acak bentuk distorsi yang lain, kliklah tombol Randomize.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s